Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan yang Paling Mudah

Seperti kita ketahui bersama bahwa bisnis properti adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Namun untuk saat ini tak begitu banyak yang melirik bisnis ini karena banyak yang menganggap bahwa bisnis properti perlu modal besar. Tak sepenuhnya salah memang, namun sebenarnya bisnis properti dengan modal kecil bisa dijalankan. Cara memulai bisnis properti kecil-kecilan ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda.

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan
Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan

Ada banyak cara dan langkah memulai bisnis properti tanpa modal sebenarnya. Jika Anda masih baru di dunia bisnis, atau terutama di dunia properti, jangan khawatir. Untuk memulai bisnis properti, Anda bisa menyimak step dan tahapan bagaimana tips cara memulai bisnis properti dari nol di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan

1. Perhatikan Peluang di Lingkungan

Yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah tentu saja melihat peluang yang ada di lingkungan sekitar Anda. Bagaimana prospek peluang bisnis properti di sekitar Anda, apakah menjanjikan atau justru sudah full. Anda harus bisa menimbang hal ini dengan baik agar Anda bisa mendapatkan peluang bisnis properti yang bagus. Jika di sekitar lingkungan Anda mungkin ada sekolah, kampus atau rumah sakit atau lainnya, maka ini bagus untuk dijadikan sebagai peluang bisnis properti. Baik rumah kost, kontrakan maupun ruko bisa potensial dibangun di lingkungan Anda.

Melihat potensi dan peluang bisnis properti di lingkungan sekitar harus didahulukan sebelum melihat potensi daerah lain. Karena buat apa jauh-jauh di tempat lain jika di dekat Anda pun bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha properti yang bagus. Mengingat modal kecil yang Anda mililki untuk terjun di dunia bisnis properti. Karena cara memulai bisnis properti modal kecil tentu Anda harus jeli dalam melihat setiap peluang yang ada.

2. Bangun Komunikasi dan Koneksi dengan Pengembang

Ini bagian penting dari cara memulai bisnis properti modal kecil. Apalagi jika Anda memulai bisnis properti dari nol, maka tidak bisa tidak Anda harus membangun komunikasi dengan pengembang atau penyedia properti. Segera mulai dari sekarang, bangun komunikasi dengan para penyedia properti, semakin banyak akan semakin bagus. Yang paling mudah adalah di mulai dari ligkungan terdekat Anda. Coba cari tahu siapa-siapa di sekitar Anda yang berkecmpung di dunia bisnis properti lalu datangi.

Untuk awal, sampaikan pada nya bahwa Anda ingin belajar tentang bisnis properti dan ingin tahu lebih dalam. Setelah itu, minta izin untuk meminta dan menyimpan no telpon nya, ini bagian pentingnya. Lakukan hal ini terus menerus sehingga Anda memiliki banyak koneksi, apalagi sekarang ini sangat mudah sekali menjalin komunikasi dengan adanya banyak media online.

3. Bergabung Dengan Berbagai Forum Properti

Ini perlu Anda lakukan, saat ini tentu ada banyak sekali berbagai forum tentang bisnis properti, bergabunglah. Bisa grup Facebook, Telegram maupun grup WA ataupun platform online lain yang membahas tentang properti. Ini akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan berbagai informasi terbaru tentang properti. Sebagai pemula tentu Anda cukup menyimak dulu berbagai informasi yang ada.

Manfaatkan forum tersebut untuk menambah koneksi dan menjalin relasi. Tentu ada banyak sekali orang yang berkecimpung di dunia bisnis properti di form tersebut, maka manfaatkan dengan baik. Anda bisa tanya-tanya pada mereka tentang segal hal tentang bisnis properti, tentunya dengan cara yang sopan.

Baca juga : Contoh Bisnis Properti Modal Kecil

4. Aktif Cari Informasi di Medsos

Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan informasi terkait bisnis properti. Baik peluang bisnis properti maupun informasi tentang properti lainnya bisa Anda dapatkan di media sosial. Manfaatkan semuanya, baik Facebook, Telegram, Instagram, Youtube, Twitter, gunakan semuanya untuk mendukung aktifitas bisnis Anda. Jika tidak mendapatkan informasi tentang peluang bisnis properti, setidaknya Anda mendapatkan teman yang bisa Anda ajak sharing tentang bisnis properti.

Karena semakin banyak teman tentunya akan semakin menambah potensi peluang bisnis properti. Jadi jangan ragu untuk memanfaatkan media sosial untuk aktifitas bisnis properti Anda. Apalagi jika Anda masih dalam tahap benar-benar pemula yang baru mulai.

5. Perluas Circle Pergaulan Anda

Anda harus memperluas jangkauan pergaulan Anda. Jangan hanya bergaul dengan satu jenis circle saja, semakin banyak semakin luas circle Anda, tentu akan memperbesar peluang Anda dalam membangun bisnis properti. Jadi jangan membatasi pergaulan Anda, semakin beragam pergaulan Anda, maka kesempatan akan semakin lebar untuk menjalnkan bisnis properti ini.

Jika profesi Anda mungkin adalah seorang karyawan, maka jangan hanya bergaul dengan karyawan saja. Anda harus juga beraul dengan profesi yang lain seperti misalnya pedagang, PNS atau yang lainnya. Biasanya melalui hobi yang paling mudah untuk masuk pada golongan yang lain.

6. Rajin Melihat Iklan

Ini juga sangat perlu Anda lakukan. Lihathlah berbagai jenis iklan baik iklan online maupun iklan offline. Karena dari iklan ini Anda bisa mendapatkan beberapa kontak dari para pengembang dan Anda bisa menjalin komunkasi dengan mereka. Semakin sering Anda melihat iklan, maka harapannya tentu Anda akan mendapatkan banyak kontak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi maupun relasi mengenai properti ke depannya.

Ada banyak iklan di media online yang bisa sangat mudah Anda akses saat ini, seperti Google, Facebook dan lainnya. Untuk offline, biasanya iklan banyak ditemukan di toko-toko bangunan atau biasanya di daerah perumahan. Anda bisa memanfaatkan ini sebaik-baiknya sebagai salah satu cara memulai bisnis properti dengan modal kecil.

7. Mulai Belajar Pemetaan Target Pasar

Setelah beberapa step di atas dilakukan, kini saatnya Anda mulai belajar pemetaan target pasar Anda. Coba Anda lakukan mapping per daerah, misalnya kalau daerah A itu banyak pedagang, maka selera properti seperti apa. Misal daerah B banyak yang berprofesi sebagai PNS, maka selera properti seperti apa. Dari sini Anda bisa memetakan target yang mungkin masuk untuk Anda. Masuk di sini artinya bisa dan mudah Anda kerjakan.

Sebaiknya target pasar untuk Anda yang masih belajar adalah lingkungan Anda sendiri. Coba peplajari kebutuhan properti di sekitar Anda lalu coba tawarkan plan Anda baik kepada pengembang maupun calon konsumen Anda. Jika target Anda telah terselesaikan satu per satu, Anda bisa menaikkan level target Anda. Jika awalnya pasar Anda adalah orang biasa, mungkin bisa naik ke target pasar pejabat, dan lain sebagainya.

8. Bangun Kerjasama Dengan Penyedia Properti

Jika di awal tadi Anda sudah mengumpulkan banyak kontak para pengembang atau penyedia properti, maka kini saatnya menaikkan level. Bukan saja sekedar kenal, lalu simpan nomornya lalu selesai, namun kini Anda bisa mulai menjalin kerjasama. Bukan saja dengan penyedia properti secara langsung, Anda juga bisa bekerja sama dengan siapa saja yang penting bisa dipercaya untuk menjalankan bisnis properti.

Bahkan mungkin dengan pesaing atau calon pesaing Anda ke depannya, Anda bisa menjalin kerjasama. Karena saat ini adalah era bisnis dimana kolaborasi untuk mebangun valuasi lebih tinggi menjadi sebuah keniscayaan. Yang terpenting kerjasamanya jelas saling menguntungkan maka itu bagus.

9. Promosi Gencar Secara Online

Karena saat ini zamannya semuanya online, maka Anda tidak boleh ketinggalan juga untuk meanfaatkan dunia maya untuk menopang bisnis Anda. Anda bisa promosi menggunakan berbagai media online seperti Facebook, Google, Youtube dan lainnya. Anda bisa melakukan promosi baik yang berbayar maupun yang gratis. Untuk berbayar biasanya orang sering memanfaatkan FacebooAds atau juga GoogleAds.

Jika masih modal minim ya yang gratis saja. Anda juga bisa membuat website untuk mendukung bisnis Anda. Selain bermanfaat untuk memperkuat branding bisnis Anda, website juga untuk sarana meningkatkan kepercayaan calon konsumen Anda.

Post a Comment for "Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan yang Paling Mudah"