Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Uang Jajan 5000 yang Paling Mudah

Sejak kecil beberapa dari kita sudah dibiaskan menabung dari sekolah. Ini memang pembiasaan yang bagus untuk kita lakukan. Menabung ini ternyata bermacam-macam, ada yang menabung di bank ada juga yang menabung sendiri di rumah. Nah, menabung di rumah ini pun ternyata juga bermacam-macam, ada cara menabung uang jajan 5000, ada cara menabung uang jajan 10000 dan lainnya.

Cara Menabung Uang Jajan 5000
Cara Menabung Uang Jajan 5000
Untuk post kali ini, yang akan kita sampaikan adalah cara menabung uang jajan 5000 yang paling mudah dan simpel. Akan kami sampaikan juga berbagai tips menabung uang jajan 5000 serta bagaimana tutorial menabung uang jajan 5000 yang bisa Anda lakukan di rumah. Nah, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai menabung 5000 setiap hari. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips dan Cara Menabung Uang Jajan 5000

1. Segera Mulai Sekarang Juga

Ini yang paling krusial menurut kami. Karena untuk memulai menabung kadang sering kita menunda-nunda yang kemudian akhirnya tidak terlaksana. Maka dari itu, jika ada pikiran untuk menabung uang jajan, maka segera realisasikan dan laksanakan. Jangan sampai ide Anda kemudian justru menguap begitu saja.

Karena ide akan segera lenyap dan tertutup ide lain ketika tidak segera dieksekusi. Yang penting dimulai dulu, perkara hasilnya bagaimana nanti saja. Untuk itu segera eksekusi ide menabung uang jajan Anda dan segera siapkan wadah untuk menyimpan uang Anda tersebut.

2. Dimulai Dari yang Kecil

Untuk memulai menabung langsung 5000 mungkin bagi sebagian dari kita agak berat. Jika memang keberatan, maka bisa Anda mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Anda bisa memulai dengan menabung uang jajan 2000 misalnya. Ini bisa dikatakan sebagai permulaan dan melatih kebiasaan Anda untuk menabung uang jajan 5000.

Jika menabung uang jajan 2000 sudah terasa ringan untuk Anda, maka Anda bisa menaikkan level dengan mulai menabung uang jajan 5000. Nah jika sudah terlaksana, tinggal menjaga konsistensi saja. Jangan sampai lupa barang sehari, karena jika sampai terjadi maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan buruk Anda.

3. Tentukan Tujuan Anda Menabung

Ini perlu Anda tegaskan di awal. Untuk apa, ya untuk menguatkan komitmen Anda dalam menjalani proses menabung uang jajan 5000 ini. Karena meski ini terdengar mudah melakukannya, namun ini perlu komitmen yang kuat dari Anda sendiri. Misalkan tujuannya adalah menabung uang jajan untuk membeli hp baru dalam satu tahun, atau tujan lainnya.

Tujuan menabung bisa sangat beragam, tinggal disesuaikan kebutuhan Anda sendiri. Jangan ragu untuk membuat tujuan menabung uang jajan. Dan yakinkan pada diri Anda sendiri Anda pasti bisa melakukannya. Dengan demikian, maka Anda akan sedikit lebih ringan dalam menjalni ide keren Anda ini setiap hari.

4. Langsung Menabung 5000

Ada sebagian orang yang memulai menabung uang jajan 5000 denan langsung menyisihkan uang 5000. Namun ada sebagian lainnya yang mulai menabung dengan nominal yang kecil dulu seperti 2000 misalnya. Jika Anda merasa tidak terlalu berat menyisihkan uang 5000 maka sebaiknya mulai saja dengan menabung 5000 itu.

Ini sangat bagus untuk sebuah permulaan. Setelah Anda memulai menabung 5000, selanjutnya yang Anda lakukan adalah menjaga ritme saja. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaa ritme menabung ini.

5. Menjaga Ritme Menabung 5000

Menjaga ritme dan konsistensi ini bisa dikatakan gampang-gapang susah. Bagi yang sudah terbiasa dengan hidup disiplin dalam semua hal, maka ini akan sangat mudah sekali dilakukan. Namun bagi yang tidak disiplin, maka perlu penyesuaian diri terlebih dahulu. Karena menjaga konsistensi dan ritme ini menjadi faktor penentu keberlangsungan program menabung Anda.

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah segera menyisihkan uang 5000 di malam hari atau di pagi buta. Tujuannya adalah tentu saja menyiapkan menabung dulu sebelum uang digunakan untuk belanja atau keperluan lainnya. Sehingga menabung menjadi prioritas dalam keuangan Anda.

6. Komitmen Harus Kuat

Anda dalam menjalankan program ini harus memiliki komitmen yang kuat agar berhasil. Jangan sampai Anda punya pikiran untuk segera membuka tabungan Anda dalam beberapa bulan ke depan. Menabung sendiri di celengan memang sangat besar godaannya, terutama dari dalam diri sendiri. Untuk itu, sebelum memulai hendaknya Anda benar-benar meyakinkan diri sendiri untuk berkomitmen tidak akan mengabil tabungan di celengan (tempat menyimpan uang) sebelum batas target yang diinginkan.

7. Pahami Kebutuhan dan Keinginan

Ini juga perlu sekali Anda pahami, karena ke depan akan sangat berpengaruh terhadap finansial Anda seberapa besar kemampuan Anda. Dengan memahami bahwa gejolak di dalam hati adalah sebuah keinginan belaka yang sebenarnya Anda sendiri tidak membutuhkan, maka itu akan membantu menyelamatkan ekonomi Anda sedini mungkin.

Hal ini nampak begitu sederhana, namun nyatanya banyak dari kita yang membeli sesuatu bukan berdasar pada kebutuhan, namun berdasar pada keinginan. Sehingga banyak sekali sesuatu yang seharusnya tidak perlu dibeli justru dibeli sedang yang benar-benar dibutuhkan tidak dibeli. Maka mulai saat ini biasakan menimbang hal ini, tenya benar-benar pada hati Anda.

8. Biasakan Sarapan di Rumah

Ini yang sudah jarang dilakukan saat ini. Ya, sarapan dulu di rumah akan sangat membantu Anda dalam menghemat sehingga Anda akan bisa dengan mudah menabung uang jajan 5000. Karena biasanya dengan sarapan terlebih dahulu di rumah akan membuat keinginan Anda untuk jajan di luar sedikit lebih terkendali.

Sarapan apa sajalah yang penting bisa untuk sekedar mengganjal perut. Kebiasaan ini jika Anda lakukan setiap hari, maka akan sangat bagus untuk menjaga stabilitas dompet Anda.

9. Membawa Bekal dari Rumah

Membawa bekal dari rumah juga sangat disarankan untuk yang ingin berhemat, baik kamu yang masih sekolah maupun Anda yang sudah bekerja. Membawa bekal dari rumah itu sejatinya bukan sekedar tentang berhemat saja, namun lebih dari itu. Bekal dari rumah adalah simbol ikatan kasih sayang baik dari orang tua pada anaknya ataupun istri pada suaminya.

Yuk dibiasakan lagi mulai dari sekarang, enak loh bekal dari rumah itu. Dengan membawa bekal, maka otomatis akan mengurangi keinginan Anda untuk jajan di luar ketika bekerja.

10. Membawa Air Minum Saat Bekerja

Kalau agak kikuk membawa bekal dari rumah, Anda bisa membawa minuman saja. Meski terlihat sangat sepele, namun ini akan sangat membantu program Anda. Selain memudahkan Anda ketika haus tidak perlu beli ke luar, membawa air putih minum dari rumah juga lebih sehat. Meskipun sederhana, ini akan sangat bagus jika Anda lakukan setiap hari. Jika tidak percaya, bisa Anda coba sendiri.

11. Menabung di Celengan Mahal

Ini juga tips yang bisa dilakukan. Biasanya menabung di rumah itu bagi orang dewasa sangat berat sekali. Keinginan untuk segera membuka simpanan sangat besar sekali. Maka dari itu, belilah celengan atau tempat penyimpanan uang di rumah yang mahal sehingga Anda merasa eman atau sayang jika dibuka.

Ini bisa sedikit mengurangi keinginan Anda untuk membuka celengan Anda. Atau Anda bisa membeli celengan dengan karakter yang Anda sukai sehingga Anda enggan untuk memecahkan untuk membukanya.

12. Minta Tolong Orang Lain

Ini juga bisa Anda lakukan, dengan cara meminta tolong orang lain untuk menyimpankan uang Anda. Anda bisa meminta tolong pada orang yang paling Anda percayai, misalnya orang tua, suami atau istri. Minta tolong pada mereka untuk menyimpankan uang Anda. Dan pesan pada mereka jika sewaktu-waktu Anda meminta uangnya kembali sebelum tenggat waktu yang ditentukan maka jangan diberikan. 

Post a Comment for "Cara Menabung Uang Jajan 5000 yang Paling Mudah"