Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Cara Menabung Cepat Terkumpul Ini Wajib Kamu Coba

Menabung adalah kebiasaan baik yang sudah ditanamkan sejak kecil pada kita. Yang kerap menjadi masalah kemudian adalah ketika kita dewasa agak sulit bagi kita untuk konsisten melakukan kebiasaan baik tersebut. Jangankan menabung di rumah, menabung di bank saja kita sering mengambilnya melalui ATM. Masalah lain yang sering muncul adalah bagaimana cara menabung cepat terkumpul dan cepat menjadi banyak.

Tips Cara Menabung Cepat Terkumpul
Tips Cara Menabung Cepat Terkumpul

Cara menabung cepat terkumpul mungkin terdengar tidak mungkin dan sulit untuk dilakukan. Namun sejatinya ini bukan perkara yang sulit dilakukan, seperti halnya cara menabung uang 5000 yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Namun jika kamu ada kesulitan bagaimana cara menabung agar cepat terkumpul, jangan khawatir, di bawah ini pekajaman akan ringkaskan dengan lengkap bagaimana tips menabung agar cepat terkumpul.

Tips Cara Menabung Cepat Terkumpul

1. Pahami Sejak Awal Tujuan Menabung

Jika kamu dari awal sudah memahami tujuan kamu dalam menabung, maka ini akan membantu kamu untuk menjadi lebih disiplin dalam menabung. Kamu akan menjadi lebih fokus dalam menjalani proses menabung untuk mencapai tujuan kamu. Misalnya adalah kamu punya tujuan menabung untuk membeli album kpop, maka kamu akan lebih fokus pada bagaimana cara menabung agar bisa beli album kpop. Atau misalnya tujuan kamu menabung adalah untuk  membeli laptop, maka kamu harus fokus pada cara menabung cepat untuk membeli laptop. Jangan berhenti menabung sebelum tujuan kamu tercapai.

2. Tentukan Target dan Jangka Waktu

Selanjutnya adalah, kamu harus menentukan target dan jangka waktu berapa lama kamu menabung. Coba buat hitung-hitungan kasar untuk mencapai tujuan kamu di atas, kamu memerlukan waktu berapa lama. Dan, hitung juga per hari butuh nominal berapa untuk mencapai tujuan di atas. Harusnya setiap hari kamu menabung dengan nominal yang sama dan harus disiplin. Kamu bisa mulai menabung di celengan dulu seperti cara menabung uang jajan 5000 sebelum kemudian kamu pindah ke Bank. Agar lebih termotivasi, kamu juga bisa menentukan minimal angka yang harus terkumpul dalam waktu tertentu.

3. Memisahkan Uang di Awal Bulan

Cara ini cukup efektif untuk mempercepat cara menabung cepat terkumpul. Jadi kamu harus memisahkan antara uang kebutuhan dan uang yang akan kamu gunakan menabung. Jadi jika gaji kamu tiap bulan, maka segera pisahkan pos-pos uang tersebut. Dan yang perlu kamu ingat, jangan sampai kamu menabung menggunakan uang sisa. Ini cukup buruk untuk proses menabung kamu. Karena biasanya uang sisa ini tiba-tiba akan lenyap begitu saja tidak tahu entah ke mana perginya. Selain itu, jika kamu menggunakan uang sisa, maka itu terkesan kamu tidak memprioritaskan menabung. Sehingga lama-lama kamu akan menjadi tidak disiplin dan program kamu menabung akan berhenti di tengah jalan.

4. Manfaatkan Fasilitas Auto Debet

Nah, ini juga akan sangat membantu bagi kamu yang menabung di Bank. Jadi kamu bisa mengaktifkan fitur auto debet unntuk menabung secara otomatis. Kalau biasanya kamu menabung transfer melalui ATM atau digital banking, maka dengan fitur ini secara otomatis bank akan mengisi tabungan kamu. Caranya cukup mudah, kamu cukup datang ke bank, utarakan pada CS bahwa ingin mengaktifkan fitur auto debet dan isi formulir, selesai. Dengan cara ini maka otomatis gaji kamu akan masuk ke rekening tabungan kamu. Jadi kamu tak perlu khawatir kelupaan menabung lagi.

5. Manfaatkan Fitur Kunci Tabungan

Saat ini, ada banyak sekali fitur di bank yang memudahkan nasabah dalam hal menabung. Termasuk salah satu contohnya adalah bagaimana cara menabung valas yang menguntungkan. Berhubungan dengan menabung agar cepat terkumpul, maka fitur kunci tabungan sangat berguna untuk kamu. Dengan fitur ini kamu tidak akan bisa seenaknya mengambil tabungan kamu sebelum jangka waktu yang sudah ditentukan di awal. Atau kamu juga bisa menabung di rumah menggunakan celengan yang tidak bisa dibuka dengan mudah.

6. Jangan Remehkan Recehan

Jangan pernah remehkan uang recehan. Jika kamu mendapatkan kembalian belanja berupa uang recehan, simpan di suatu tempat kemudian kalau sudah terkumpul bisa kamu simpan atau tabung. Uang recehan yang hanya kecil itu namun jika kamu rajin mengumpulkannya, maka akan tidak terasi menjadi uang yang layak kamu tabung. Jadi jangan buang atau hamburkan uang receh kamu, simpan dengan baik mulai saat ini.

7. Bawa Uang Secukupnya

Dengan membawa uang secukupnya alias tidak terlalu banyak, maka ini akan membuat kamu berpikir dua kali untuk belanja atau beli barang. Jangan terlalu bawa banyak uang di dompet, bawa uang sedikit saja agar sedikit membuatmu mengerem pengeluaran. Atau jika kamu sering belanja online, maka ada baiknya jika kamu jangan menyimpan saldo besar di dompet digital kamu. Ini cukup bisa menjadi rem kamu saat ingin membeli barang yang sebenarnya tidak perlu kamu beli.

8. Jangan Lupa Investasi

Investasi menjadi pilihan yang bagus sebagai salah satu cara menabung cepat terkumpul. Ada banyak investasi yang bisa kamu pilih, bisa investasi saham, emas, tanah atau kini juga bisa menabung valas sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Untuk menabung valas, sekarang hampir semua bank sudah menyediakan fasilitas ini. Cara menabung valas di bank sendiri juga tidak sulit, tinggal kamu datang ke bank dan sampaikan niat kamu. Investasi akan sangat membantu kamu untuk bisa mempercepat tabungan kamu terkumpul.

9. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Kamu bisa mencoba mencari peluang lain yang bisa menghasilkan cuan. Di era online saat ini, tentu sangat banyak sekali peluang bisnis online tanpa modal yang bisa kamu jalankan. Misalnya kamu menjadi reseller atau dropshipper, ini akan menjadi sumber penghasilan lain yang bisa kamu kerjakan. Atau bisa juga kamu mengerjakan kerajinan tangan jika kamu orang yang telaten, ini juga peluang usaha yang tetap potensial yang bisa kamu kerjakan. Atau kamu juga bisa coba memulai bisnis properti tanpa modal, caranya adalah Cara Memulai Bisnis Properti Kecil Kecilan yang Paling Mudah.

11. Biasakan Bawa Bekal dari Rumah

Kebiasaan ini sebenarnya sudah dibiasakan sejak kita masih kecil. Namun setelah dewasa, kadang kita enggan membawa bekal, baik ketika sekolah maupun saat bekerja. Kebiasaan ini sangat bagus untuk menghemat pengeluaran kamu. Karena kadang yang sering menjadi pengeluaran besar adalah makan dan jajan di rumah. Nah, jika kamu membawa bekal, maka akan sedikit mengurangi keinginan kamu untuk makan dan jajan di luar. Maka dari itu, yuk kita biasakan lagi membawa bekal saat bepergian, baik untuk kita maupun untuk anak-anak kita.

12. Jangan Lupa Sarapan di Rumah

Nah, ini juga penting untuk kamu lakukan sebagai cara penghematan agar tabungan kamu cepat terkumpul. Jangan lupa sarapan di rumah, tak perlu makanan berat seperti nasi dan semacamnya, yang penting perut diisi dulu sebelum beraktifitas. Jika kamu enggan atau malu membawa bekal ke tempat kerja, setidaknya kamu sarapan dulu. Karena kadang ada jenis orang yang suka rese kalau lagi lapar. Maka dari itu, jika sudah sarapan dulu di rumah setidaknya perut sudah terisi dan keinginan untuk jajan di luar bisa sedikit di tekan.

13. Kurangi atau Stop Berlangganan

Dunia hiburan saat ini memang berkembang semakin pesat seiring berkembangnya teknologi. Kita bisa berlangganan apa saja dari rumah, kita bisa memilih hiburan yang kita sukai dari rumah dengan berlangganan. Berlangganan streaming film, musik, TV kabel, ini semua tentu memakan biaya sangat banyak. Kebutuhan ini sebenarnya bisa kamu stop atau dikurangi. Karena sejatinya ini bukan kebutuhan kamu, ini hanya keinginan saja. Jika kamu tidak bisa stop semuanya, paling tidak kamu harus bisa mengurangi salah satu atau salah dua nya.

15. Maksimalkan Diskon

Jika kamu sering belanja ke mini market, tentu biasanya ada promo barang tertentu dengan diskon yang menggiurkan. Tidak apa-apa kamu membelinya, selama barang tersebut adalah barang yang memang kamu perlukan. Kamu justru harus memaksimalkan diskon jika barang tersebut termasuk barang kebutuhan sehari-hari kamu. Cara ini akan sangat bagus untuk bisa menghemat uang kamu. Jika kamu bisa belanja lebih hemat maka tentu saja kamu akan bisa menabung dengan uang lebih sehingga akan mudah dan cepat terkumpul.

16. Jangan Bergaya Hidup Tinggi

Ini yang saat ini seperti menjadi penyakit yang banyak menghinggapi kaum milenials. Apalagi dengan bermunculannya para sultan-sultan yang pamer kekayaan, ini semakin membuat banyak orang seakan dituntut untuk bergaya seperti mereka. Mulai dari pakaian, kendaraan, tempat tinggal, banyak anak muda yang ingin meniru para sultan tersebut dengan berbagai cara. Padahal ini sangat tidak bagus untuk siapa saja, apalagi bagi kita dengan penghasilan seadanya. Maka dari itu, ada baiknya jika kita hidup sederhana dan bersahaja saja. Jangan sampai kita mati terbunuh karena gaya hidup kita sendiri.

17. Hati-hati Menggunakan Kartu Kredit

Kamu harus bijaksana dalam menggunakan kartu kredit. Keuangan menjadi berantakan sering disebabkan karena penggunaan kartu kredit yang tidak cermat. Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu agar kamu tidak terkena biaya tambahan dan bunga. Kalau bisa pilih saja suku bunga kartu kredit yang rendah saja. Kartu kredit ini sering membuat orang kalap ketika belanja, maka dari itu waspadalah.

18. Rajin Mencatat Pengeluaran

Percaya atau tidak, mencatat biaya pengeluaran ternyata akan membuat kamu lebih mawas diri dan berhati-hati dalam mengelola keuangan. Maka dari itu rajin-rajinlah mencatat pengeluaran kamu untuk menjadi bahan evaluasi. Jika nantinya ada banyak sesuatu yang ternyata tidak perlu dibeli ada dalam catatan, maka selanjutnya harus lebih hati-hati dalam belanja. Mencatat pengeluaran bulanan kamu akan mempermudah kamu memilah-milah antara kebutuhan dan kemauan. Sehingga tentu saja akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih efisien dalam mengeluarkan uang.

19. Pandai-pandailah Pilih Barang

Lebih baik sedikit mahal tapi awet, dari pada murah namun cepat rusak. Pedoman itu sangat bagus kamu terapkan ketika membeli barang seperti baju, sepatu atau barang lainnya. Apalagi saat ini banyak sekali online shop yang menawarkan berbagai macam barang dengan harga yang kadang tidak logis. Jika harga barang jauh di bawah harga pasaran, maka sebaiknya kamu hati-hati. Jangan paksakan untuk membeli, lebih baik tahan dulu dan cari informasi yang benar-benar valid. Dikhawatirkan jika kamu membeli ternyata kwalitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Niatnya mau irit, karena barang cepet rusak justru menambah pengeluaran dan beli lagi.

20. Buat Daftar Belanja

Biasakan jika mau belanja buat daftar belanja dulu. Buat daftar belanja yang memang benar-benar kamu butuhkan, bukan kamu inginkan. Dan kamu harus disiplin dengan daftar belanja kamu. Karena ketika kamu mulai tidak disiplin dan belanja di luar daftar belanja yang kamu buat, maka ini akan menjadi kebiasaan dan ke depan akan semakin sulit untuk menghemat. Dan ujungnya, alih-alih bisa melaksanakan cara menabung cepat terkumpul, menyisihkan uang untuk menabung saja rasanya akan sulit.

Post a Comment for "20 Cara Menabung Cepat Terkumpul Ini Wajib Kamu Coba"