Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Merawat Lantai Vinyl Agar Awet dan Bersih

Belakangan ini tren penggunaan lantai vinyl semakin hari semakin meningkat. Pada umumnya, pemilihan lantai vinyl ini untuk pengganti lantai kayu karena memiliki corak yang mirip. Meskipun tren penggunaan lantai vinyl semakin tinggi, namun ini tidak diimbangi dengan pengetahuan mengenai cara merawat lantai vinyl yang baik dan benar.

Cara Merawat Lantai Vinyl
Cara Merawat Lantai Vinyl
Padahal cara merawat lantai vinyl yang baik dan benar ini tak sama dengan perawatan lantai dari bahan lainnya. Misalnya dibanding dengan bahan keramik, lantai vinyl ini terbuat dari bahan yang cenderung lebih tipis dari keramik. Jadi jika perawatan tidak benar, maka bisa kadi lantai vinyl justru akan mudah rusak dan tidak awet.

Ada beberapa tips merawat lantai vinyl yang bisa kamu lakukan. Secara umum cara merawat lantai vinyl hampir sama, namun ada beberapa bagian khusus yang perlu perlakuan berbeda. Untuk lebih jelasnya, pekajaman.com telah merangkum beberapa cara merawat lantai vinyl dari berbagai sumber di bawah ini.

Cara Merawat Lantai Vinyl

1. Rajin Disapu Dengan Bulu Halus

Kamu harus rajin menyapu lantai vinyl, karena lantai ini memiliki sifat yang lebih licin dan mengkilap. Kesan kotor akan semakin nampak jika debu dibiarkan tidak segera disapu. Untuk menyapu lantai vinyl agar tidak mudah tergores maka kamu perlu menggunakan sapu yang halus. Karena lantai vinyl ini terbuat dari bahan yang agak tipis dibanding dengan bahan lantai lainnya.

2. Pilih Pembersih Lantai Khusus

Kamu bisa memilih cairan pembersih khusus lantai vinyl untuk mengepel lantai agar tetap bersih. Cairan pembersih lantai pada umumnya bisa juga sebenarnya digunakan. Namun untuk menjaga agar lebih awet, maka kamu harus memilih cairan pembersih lantai khusus untuk vinyl. Untuk saat ini tidak sulit kok untuk mendapatkan cairan pembersih laintai khusus vinyl di berbagai toko.

3. Gunakan Kain Pel Halus

Jika kamu ingin mengepel lantai vinyl, maka gunakan kain pel yang halus. Untuk mengepel, jangan sampai kain pel terlalu basah atau terlalu banyak cairan pembersih. Cara yang lebih baik adalah dengan menggunakan semprotan dan semprot area yang kotor lalu gosok dengan kain pel halus yang bersih. Karena lantai vinyl yang terlalu lembab akan mempercepat kerusakan pada lantai. Jadi sebaiknya gunakan kain pel kering dan pel setelah lantai dibersihkan. Jangan juga terlalu sering dipel menggunakan air.

4. Segera Bersihkan Dari Tumpahan Cairan

Jika ada tumpahan cairan, maka segera bersihkan dan keringkan. Mengingat lantai vinyl ini sangat tidak bagus jika lembab terlalu lama. Cairan apapun itu jika tumpah maka segera bersihkan. Kamu bisa menggunakan kain pel kering halus dan bersih. Atau jika belum ada kamu bisa menggunakan tisu terlebih dulu agar cairan tumpahan tersebut bisa segera terserap. Hampir sama dengan cara merawat lantai granit sebenarnya, jika ada tumpahan harus segera dibersihkan.

5. Minyak Zaitun Untuk Menghilangkan Goresan

Jika lantai vinyl kamu tiba-tiba ada goresan, jangan khawatir, ini bisa diatasi. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau baby oil untuk menghilangkan goresan. Cara ini bisa dilakukan jika goresan masih halus dan tidak terlalu dalam. Caranya adalah tuangkan sedikit minyak zaitun ke kain lap bersih lalu gosokkan pada area yang tergores secara perlahan.

6. Pasang Karpet

Yup, penggunaan karpet cukup efektif sebagai salah satu cara merawat lantai vinyl. Karena penggunaan karpet ini akan mengurangi terjadinya goresan pada lantai. Kamu bisa menempatkan karpet di tempat-tempat tertentu atau yang sering dilewati orang. Tidak perlu semua kamu pasang karpet. Misalnya kamu bisa memasang karpet di area sofa dan sekitarnya.

7. Hindari Penggunaan Perabot Beroda

Perabotan beroda apapun itu memang sangat memudahkan pekerjaan rumah tangga. Namun perlu kamu ingat, itu sangat riskan untuk lantai dari vinyl. Karena roda bisa dengan mudah meninggalkan goresan pada lantai vinyl. Biasanya yang paling sering adalah vacuum cleaner yang beroda, ini sangat perlu kamu perhatikan. Sebaiknya hindari saja.

8. Gunakan Keset Di Depan Pintu Masuk

Penggunaan keset ini cukup mengurangi resiko goresan akibat kotoran. Karena setidaknya orang yang akan masuk rumah kamu akan membersihkan kakinya dulu dengan keset. Jangan lupa untuk selalu lepas alas kaki ketika siapa saja yang akan masuk rumah kamu.

9. Penggunaan Alas Pada Perabot

Peralatan atau perabot yang berat sangat berpotensi menggores bahkan merusak lantai dari karpet vinyl. Maka dari itu untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa menggunakan lapisan tambahan pada perabot-perabot berat di rumah kamu. Meja, sofa, lemari, tempat tidur, barang-barang seperti ini bisa menyebabkan lantai vinyl rusak. Maka dari itu kamu perlu menggunakan lapisan tambahan untuk menghindari kerusakan dini pada lantai vinyl kamu.

Di atas adalah beberapa tips dan cara merawat lantai vinyl yang bisa kami sampaikan. Untuk membersihkan lantai vinyl ini juga ada cara khusus agar tidak mudah merusak lantai itu sendiri. Untuk membersihkan lantai vinyl yang benar bisa kamu baca di Cara Membersihkan Lantai Vinyl yang Tepat.

Post a Comment for "9 Cara Merawat Lantai Vinyl Agar Awet dan Bersih "