Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Batu Alam Dari Lumut dan Jamur yang Efektif dan Efisien

Dengan motif dan jenis warna yang beragam dan variatif, membuat batu alam menjadi pilihan yang mempesona untuk tembok bangunan. Daya tahan batu alam juga sangat bagus dari pada bahan lainnya. Tak heran jika kini semakin banyak orang suka menggunakan batu alam sebagai tembok untuk bangunannya.

Cara Membersihkan Batu Alam Dari Lumut dan Jamur
Cara Membersihkan Batu Alam Dari Lumut dan Jamur

Meski batu alam termasuk bahan yang awet, namun jika tidak dirawat dengan baik dan benar, maka akan mudah terkena jamur dan lumut. Nah, salah satu yang sering menjadi masalah adalah bagaimana cara membersihkan batu alam dari lumut dan jamur ini. Cara merawat batu alam sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Perawatan batu alam bisa dilakukan 8 - 1 tahun sekali. Jika kamu memiliki dinding batu alam, maka cara membersihkan batu alam dari lumut dan jamur nya adalah seperti di bawah ini.

Cara Membersihkan Batu Alam Dari Lumut dan Jamur

1. Dengan Cara Dicuci

Cara membersihkan batu alam yang paling mudah dan murah adalah dengan dicuci. Kamu bisa menggunakan semprotan keras untuk membersihkan batu alam dari debu dan kotoran. Bisa juga kemudian kamu gosok menggunakan kain pel atau kain bekas. Untuk batu alam jenis andesit, biasanya setelah dibersihkan akan mampu bertahan 1 tahunan lamanya akan tetap bersih. Selain kain, kamu bisa menggunakan sikat dan menggunakan cairan pembersih ringan seperti sabun dan detergen.

2. Membersihkan Dengan Spons Halus

Kamu bisa membersihkan batu alam dari lumut dan jamur dengan spons halus. Namun jika lumut atau kotoran lainnya sudah cukup menempel, kamu bisa menggosoknya terlebih dahulu. Baru setelah digosok, kamu bisa membilas dengan air. Atau jika batu alam kamu ada yang mengalami pelapukan, kamu bisa melakukan pengampelasan. Batu alam diamplas pada posisi kering. Amplas beberapa kali sampai lapuk hilang baru kemudian cuci dengan spons yang halus agar tidak merusak permukaan batu alam itu sendiri.

3. Membersihkan Dengan Air Keras

Cara membersihkan batu alam dari lumut dan jamur biasanya bisa menggunakan pembersih porselen untuk jenis batu alam dengan karakteristik keras seperti batu candi, andesit dan lainnya. Jika pembersih porselen ini tidak mempan, kamu bisa menggunakan campuran air keras dengan air biasa yang kemudian digosok dengan sikat dengan ujung yang keras. Terakhir jangan lupa untuk dibilas sampai bersih, dan jika permukaan sudah mengering bisa dilakukan proses coating kembali.

4. Cara Membersihkan Batu Alam yang Berpori Besar dengan Permukaan Kasar

Jenis batu alam ada yang memiliki pori besar dengan permukaan yang kasar. Nah, batu alam model ini perlu dibersihkan dengan cara tertentu agar tidak kusam. Alat yang perlu kamu gunakan adalah sikat kasar, bisa sikat kawat atau kuningan menyesuaikan tekstur permukaan batu. Untuk membersihkannya seperti biasa, kamu bisa menggunakan sabun atau bisa juga menggunakan campuran air dan tepung soda. 

5. Cara Membersihkan Batu Alam di Lantai

Kamu bisa menggunakan detergen yang berwarna netral atau sabun, kemudian digosok dengan sikat untuk batu alam pada lantai garasi. Namun sebenarnya lebih baik kamu melakukan perawatan lantai garasi batu alam secara rutin agar kotoran tidak mengerak dan sulit dihilangkan. Dan jika batu alam sudah kembali bersih, bisa dilakukan coating kembali dengan jenis coating yang sama pada awal pemasangan batu alam dulu.

6. Teliti Memilih Cairan Pembersih

Tidak semua batu alam memiliki ketahanan yang bagus terhadap cairan pembersih. Maka dari itu banyak yang menyarankan untuk menghindari penggunaan cairan pembersih dengan bahan kimia untuk membersihkan batu alam. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan detergen berwarna netral atau sabun. Atau bisa juga kamu menggunakan campuran air dengan tepung soda untuk menggosok bagian batu alam yang kotor. Sama dengan cara membersihkan lantai vinyl, kamu harus teliti memilih cairan pembersih.

7. Menggunakan Cairan Penghilang Jamur

Kamu bisa menggunakan cairan penghilang jamur atau pembunuh gulma untuk membersihkan batu alam dari jamur dan lumut. Caranya cukup mudah, siramkan cairan tersebut pada batu alam yang terdapat jamur dan lumut. Diamkan sebentar, setelah itu kamu bisa menggosoknya sampai bersih, bisa menggunakan sikat atau juga sarung tangan, atau kain juga bisa. Gosok sampai bersih, kemudian siram dengan air. 

Post a Comment for "Cara Membersihkan Batu Alam Dari Lumut dan Jamur yang Efektif dan Efisien "