Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Lantai Vinyl yang Tepat dan Benar

Penggunaan lantai vinyl memang semakin hari semakin banyak peminatnya. Ini tentu karena ada banyak kelebihan penggunaan lantai vinyl untuk rumah. Namun kadang yang menjadi masalah selanjutnya adalah bagaimana cara merawat lantai vinyl agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Karena merawat lantai vinyl ini tidak sama dengan merawat lantai lainnya.

cara membersihkan lantai vinyl
Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Cara membersihkan lantai vinyl yang tepat dan benar kadang tidak banyak orang yang tahu. Jika kamu termasuk yang suka menggunankan lantai vinyl, maka kamu harus memperhatikan dan faham betul bagaimana cara membersihkan lantai vinyl yang benar. Karena jika kamu salah dalam merawat maupun membersihkan lantai vinyl, maka lantai vinyl kamu tidak awet dan mudah rusak. Lalu bagaimana cara membersihkan lantai vinyl yang tepat, simak ulasan di bawah ini.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

1. Rajin dan Rutin Menyapu Lantai

Ini adalah cara membersihkan lantai standar yang harus kamu lakukan untuk jenis lantai apapun. Hampir sama dengan cara merawat lantai granit, kamu harus menyapu setiap hari agar debu dan kotoran lain menumpuk sehingga sulit dihilangkan. Gunakan sapu yang halus dan tidak berpotensi merusak bahan lantai vinyl. Karena perlu dipahami baghwa bahan lantai vinyl tips dan sangat mudah tergores dan rusak, makanya kamu perlu berhati-hati. 

2. Mengepel Secara Berkala

Selain menyapu, tentunya lantai vinyl juga perlu dipel. Namun untuk mengepel lantai vinyl, ada beberapa tips khusus agar lantai kamu tidak mudah rusak. Pertama gunakan kain pel yang halus agar tidak menggores lantai vinyl. Kemudian gunakan kain pel tersebut tapi jangan terlalu basah oleh air dan pembersih, karena ini sangat riskan pada lantai vinyl kamu. Atau kamu bisa menggunankan spons untuk mengepel lantai vinyl kamu untuk mencegah menggores lantai.

3. Pilih Pembersih Lantai yang Tepat

Pemilihan pembersih lantai yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap keawetan lantai vinyl. Jika lantai vinyl kamu memiliki lapisan, maka kamu bisa membersihkan dengan cairan pembersih khusus yang sesuai dengan lantai tersebut. Namun jika lantai vinyl kamu termasuk lantai yang memiliki lapisan, maka kamu bisa menggunakan air hangat dan deterjen. Gunakan kain pel atau spon yang sudah diberi deterjen dan air hangat, kemudian gosok lantai secukupnya jangan terlalu keras. Setelah itu basahi sedikit dan keringkan untuk menghilangkan sisa kotoran.

4. Teknik Mengepel yang Tepat

Cara mengepel ini juga perlu kamu perhatikan, jangan asal mengepel lantai vinyl. Karena mengepel yang benar termasuk salah satu cara merawat lantai vinyl agar awet. Cara yang paling disarankan adalah dengan kain pel yang halus, kemudian jangan sampai kain pel terlalu basah. Karena lantai vinyl ini sangat tidak bagus jika terkena terlalu banyak air. Untuk lantai yang ternoda, caranya adalah dibersihkan dulu baru kemudian disemprot menggunakan cairan pembersih lantai khusus baru kemudian dilap dengan kain pel halus. Jangan sampai kamu menyiramkan air di ember secara langsung pada lantai vinyl kamu. Ini untuk menjaga agar lantai tidak terlalu basah.

Untuk membersihkan noda tertentu yang membandel, ada beberapa cara dan bahan yang bisa kamu coba. Di bawah ini adalah cara membersihkan lantai vinyl dari kusam dan noda membandel dengan beberapa bahan, simak ya.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl dari Kusam dan Noda Membandel

1. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Kedua bahan ini bisa kamu coba untuk membersihkan noda membandel pada lantai vinyl kamu. Campuran air dengan cuka atau dengan baking soda, bisa menjadi alternatif yang bagus untuk membersihkan lantai vinyl. Kandungan kedua bahan tersebut diyakini bisa mengangkat kotoran yang menempel pada lantai vinyl. Campuran bahan ini dengan air juga bisa menghilangkan kusam pada lantai vinyl kamu.

2. Menggunakan Pembersih Lantai Khusus

Cara membersihkan lantai vinyl dari kusam selanjutnya adalah menggunakan cairan pembersih yang umum digunakan. Namun yang perlu kamu ingat adalah cairan pembersih tersebut memang khusus untuk membersihkan lantai dari vinyl. Saat ini cukup banyak dan mudah didapatkan berbagai merk pembersih lantai khusus vinyl yang bisa kamu gunakan. Atau yang penting adalah hindari produk yang menggunakan pemutih di dalamnya.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Lantai Vinyl

Untuk menghilangkan goresan pada lantai vinyl ada cara tersendiri. Jangan asal menggunakan kain atau bahan lain, karena lantai vinyl rentan sekali rusak. Cara menghilangkan goresan pada lantai vinyl bisa menggunakan minyak dan kain halus. Jika lantai vinyl kamu tergores, maka gunakan kain halus yang sudah diberi minyak kemudian gosokkan perlahan pada lantai. Namun dengan catatan bahwa goresan lantai tidak terlalu dalam, jika sudah terlalu dalam maka tidak ada cara lain kecuali menggantinya.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Lantai Vinyl yang Tepat dan Benar "