Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung di Bank Swiss yang Perlu Kamu Pahami

Cara Menyimpan Uang di Bank Swiss - Yup, Swiss memang salah satu negara dengan sistem perbankan terbaik di dunia. Banyak pengusaha kaya, pejabat, atau orang kaya yang mempercayakan uangnya pada Bank Swiss dengan menabung di Bank Swiss. Sejak dulu sampai sekarang menabung di Bank Swiss semacam menjadi kewajiban bagi orang yang sangat kaya.

Cara Menabung di Bank Swiss
Cara Menabung di Bank Swiss

Mungkin karena alasan keamanannya atau privasi yang begitu terjaga sehingga banyak orang kaya yang menyimpan uang di Bank Swiss. Lalu bagaimana cara menabung di Bank Swiss? Apa sama saja caranya dengan menabung di Bank-Bank Indonesia. Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan singkat di bawah ini.

Cara Menabung di Bank Swiss

Untuk bisa menabung di Bank Swiss, tentu kamu perlu memiliki rekening terlebih dahulu. Perlu kamu ketahui bahwa rekening bank umum Swiss biasanya membutuhkan biaya agak tinggi bagi warga negara di luar Swiss. Kamu bisa memilih membuka rekening bank biasa di PostFinance dan beberapa bank lainnya.

Cara menyimpan uang di Bank Swiss yang terpenting adalah kamu menyiapkan beberapa dokumen penting kamu. Untuk membuka rekening bank Swiss untuk penggunaan sehari-hari, kamu perlu dokumen seperti di bawah ini :

- Paspor atau tanda pengenal resmi EU / EFTA yang masih berlaku

- Berusia minimal 18 tahun

- Bukti tempat tinggal di dalam atau di luar Swiss

- Izin G diperlukan untuk karyawan lintas batas dan bukti pekerjaan.

Baca juga : Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul

Tips Penting Membuka Rekening di Bank Swiss

1. Pelajari Syarat dan Ketentuan Membuka Rekening di Bank Swiss

Ini perlu kamu pahami dengan baik. Biasanya masing-masing bank memiliki kebijakan yang berbeda. Saat ini sangat ketat terkait dengan identitas pemegang rekening, karena tentu saja bank Swiss mencegah terjadinya penyimpanan uang yang diperoleh dari aktivitas ilegal. Selain itu, warga negara dari negara tertentu dilarang membuka rekening di bank Swiss dengan alasan yang beragam. Seperti misalnya alasan embargo resmi, alasan politik dan lain-lain. 

Maka dari itu teliti dulu diri kamu sendiri, apakah memang layak dan bisa menabung di bank Swiss, sebelum memutuskan untuk membuka rekening bank Swiss. Karena orang-orang yang bermasalah dengan reputasi diragukan oleh publik juga bisa ditolak pengajuan rekeningnya. 

2. Pilih Bank dan Rekening yang Memenuhi Kebutuhan Kamu

Ada banyak jenis bank di Swiss, setidaknya ada kurang lebih 400 bank di Swiss. Kamu bisa memilih salah satunya, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin berinvestasi, kamu sebaiknya bandingkan dulu peluang investasi antara bank satu dengan lainnya. Setelah itu baru tentukan bank mana yang cocok untuk kamu. Ada banyak faktor yang bisa kamu jadikan pertimbangan, bisa dari peluang investasi, faktor privasi dan lainnya.

Cara menabung di bank Swiss ini sejatinya tidak jauh beda dengan menabung di bank lokal Indonesia. Namun, kamu harus teliti karena kebijakan suatu negara tidak sama. Rekening juga demikian, kamu harus pandai memilih rekening yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada banyak jenis rekening dengan ketentuan yang berbeda-beda tentunya, bisa konsultasi langsung pada bank nya atau orang yang punya rekening di sana.

Baca juga : Cara Menabung Valas di BRI

3. Persiapkan Dokumen Pribadi Kamu

Dokumen pribadi menjadi syarat wajib untuk cara menabung di bank Swiss. Pembukaan rekening bank Swiss tidak boleh dilakukan secara online, karena identitas calon nasabah dan sumber pendapatan harus diverifiksi secara ketat. Terkait dokumen bank Swiss sangat ketat, meskipun ada beberapa bank ada yang mengizinkan kamu melengkapi proses melalui surat resmi. 

Sebagian besar bank Swiss mengharuskan bertemu muka langsung dengan perwakilan bank untuk menyelesaikan verifikasi. Jika memang tidak bisa bertemu muka langsung, biasanya bisa mengajukan paket aplikasi melalui surat. Ingat, dokumen yang disiapkan harus sudah disahkan dulu baik oleh notaris, pegawai bank Swiss, maupun oleh pegawai bank koresponden yang bekerja sama dengan bank Swiss tersebut.

Post a Comment for "Cara Menabung di Bank Swiss yang Perlu Kamu Pahami"