Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Valas (Valuta Asing) yang Menguntungkan

Menabung adalah salah satu kebiasaan positif yang tentunya sudah ditanamkan sejak kecil. Dulu umumnya menabung di bank hanya menabung rupiah saja. Namun kini seiring perkembangan jaman, kamu bisa menabung valas atau valuta asing. Cara menabung valas menjadi altrnatif investasi modern yang semakin digemari kaum milenial.

Cara Menabung Valas (Valuta Asing)

Jika kamu belum begitu faham mengenai valas, valas adalah singkatan dari Valuta Asing yang artinya adalah mata uang yang digunakan dan diterima sebagai pembayaran pada transaksi perdagangan internasional. Untuk saat ini, valas yang paling banyak digunakan adalah US Dollar atau Dolar Amerika. Karena paling banyak digunakan, maka banyak orang pula yang tertarik untuk menabung dollar untuk mendapatkan keuntungan atau untuk investasi.

Dari fakta di atas maka kemudian cara menabung dollar bagi pemula banyak sekali dicari informasinya. Selain itu, bagaimana cara investasi mata uang asing selain dolar juga banyak diminati. Mungkin dulu banyak yang tanya menabung valas di mana, namun kini banyak bank yang sudah menyediakan program menabung valas. Jika kamu termasuk pemula dalam dunia menabung valas, maka di bawah ini kami sampaikan beberapa tahapan dan tips menabung valas yang mudah.

Cara Menabung Valas

1. Pahami Dengan Benar Valuta Asing

Paling pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin benar-benar menabung valas tentu adalah mempelajari valas itu sendiri. Kamu harus faham betul istilah-istilah di dunia valuta asing. Menabung valas ini termasuk salah satu jenis investasi. Setelah memahami istilah-istilahnya, kamu juga harus faham cara kerja investasi dan pasar valas.

Kamu bisa bergabung di berbagai media sosial yang membahas mengenai menabung atau investasi valas. Ini akan cepat membantu kamu memahami baik istilah maupun hal lain dalam menabung valas. Jangan terburu-buru memutuskan menabung jika belum benar-benar faham.

2. Tentukan Tujuan Kamu Menabung Valas

Kamu harus menentukan di awal apa sebenarnya tujuan kamu menabung valas. Pada umumnya, orang yang menabung valas biasanya adalah orang yang punya urusan di luar negeri. Misalnya ada rencana kuliah di luar ngeri, bekerja di luar negeri atau yang lainnya. Dari tujuan ini kamu bisa menentukan mata uang yang tepat serta jumlahnya.

Banyak ahli keuangan menyarankan dollar Amerika biasanya, karena dolar Amerika termasuk mata uang terkuat di dunia dan berlaku internasional. Selain ke dua hal itu, dollar juga cenderung bisa menjaga uang kamu dari fluktuasi.

3. Pilih Mata Uang yang Ditabung

Setelah menentukan tujuan menabung valas, maka selanjutnya adalah menentkan mata uang yang akan kamu tabung. Sebenarnya bebas saja, mata uang apa yang ingin kamu tabung. Namun jika misalnya kamu akan tinggal di negara dengan mata uang dollar, maka akan sangat tepat jika kamu menabung dollar. Namun jika yang kamu butuhkan mata uang yang lain, ya kamu bisa menabung mata uang yang lain, bisa yen, yuan atau lainnya.

Jika tujuan kamu menabung adalah investasi valas, maka banyak yang menyarankan untuk menabung dolar Amerika. Karena dolar Amerika adalah salah satu mata uang terkuat di dunia. Untuk investasi valas jangka panjang, memilih menabung dolar Amerika masih cukup relevan untuk saat ini.

4. Tentukan Bank Untuk Menabung

Selanjutnya adalah menentukan Bank mana kamu mau menabung valas. Tentu banyak pertimbangan di sini, mulai dari nilai tukar, kemudahan syarat dan ketentuan, jarak, dan lain-lain. Kamu bisa survey dulu sebenarnya, coba kumpulkan informasi dari berbagai bank yang menyediakan layanan menabung valas. Setelah itu tinggal kamu pilih bank mana yang kamu rasa paling cocok untuk kamu.

Jika masih bingung dan ragu, kamu bisa bertanya pada teman-teman yang sudah menabung di berbagai bank. Atau kamu bisa minta review di grup Facebook, forum atau komunitas mengenai pelayanan bank-bank yang ada. Ini bisa memudahkan kamu untuk menentukan bank mana yang pas untuk kamu.

5. Pelajari Syarat dan Ketentuan Bank Tempat Menabung

Tahap selanjuntya adalah tentu saja mempelajari dengan seksama syarat dan ketentuan bank tempat menabung. Jangan ragu tanyakan yang kamu rasa kamu belum mengerti. Masing-masing bank biasanya berbeda, mereka memiliki kebijakan sendiri-sendiri.

Atau kamu bisa bawa pulang terlebih dahulu persyaratan dari bank tersebut untuk ditelaah dan didiskusikan lebih dalam lagi. Setelah benar-benar memahami, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mulai menabung valas di bank tersebut.

6. Konsistensi Dalam Menabung

Ini penting kamu lakukan jika ingin investasi menabung dollar dalam jangka panjang. Karena tentu fluktuasi mata uang itu tidak tentu, maka rutinitas kamu dalam menabung dollar akan sangat berperan untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa menjalankan strategi dollar cost averaging (DCA) jika kamu menabung secara rutin. Artinya adalah jika sewaktu-waktu dolar melemah terhadap rupiah maka kamu masih akan mendapatkan keuntungan secara rata-rata.

Post a Comment for "Cara Menabung Valas (Valuta Asing) yang Menguntungkan"