Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung di Bank Konvensional Tanpa Riba

Banyak yang berpendapat bahwa menabung di bank konvensional termasuk ikut andil dalam praktik riba. Keberadaan bunga di bank konvensional dianggap sebuah praktik riba. Dengan alasan tersebut kini banyak yang beralih ke bank syariah. Namun masalahnya kemudian adalah agak sulit menemukan ATM bank syariah di beberapa daerah, terutama di daerah agak pelosok.

Cara Menabung di Bank Konvensional Tanpa Riba
Cara Menabung di Bank Konvensional Tanpa Riba

Ada beberapa orang dengan alasan sulit menemukan ATM bank syariah ini kemudian tetap menabung di bank konvensional namun berusaha dengan sekuat tenaga meninggalkan riba. Lalu apa ada cara menabung di bank konvensional tanpa riba? Agak sulit memang, namun pekajaman.com mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut dari diskusi grup Facebook. Di bawah ini adalah beberapa cara menabung di bank konvensional tanpa riba yang kami peroleh dari diskusi di grup Facebook Anti Riba.

Cara Menabung di Bank Konvensional Tanpa Riba

1. Minta Akad Tanpa Bunga

Jadi jika kamu memutuskan tetap ingin menabung di bank konvensional di sisi lain ingin bebas dari riba, kamu bisa minta akad tanpa bunga. Artinya ketika kamu akan menabung di suatu bank, kamu meminta pihak bank untuk tidak mengaktivkan bunga dalam proses keuangan kamu. Ini bisa kamu lakukan dan kamu akan terhindar dari riba, atau bunga. Memang sejauh ini ada beberapa bank yang bisa melayani permintaan akad tanpa bunga ini. Apakah keseluruhan bank konvensional bisa dimintai akad tanpa bunga, kami belum tahu. Cara seperti ini sejauh ini dianggap bisa menghindarkan dari praktik riba ketika menabung atau menyimpan uang di bank konvensional.

Baca juga : Cara Menabung Valas di BRI

2. Pakai Rekening Pelajar

Cara menabung di bank konvensional tanpa riba selanjutnya adalah dengan memanfaatkan adanya rekening pelajar. Menurut diskusi yang kami simak di grup Facebook Anti Riba menyebut bahwa rekening pelajar ini bebas dari bunga dan biaya admin. Jika memang benar demikian maka rekening ini bisa menjadi alternatif pilihan menabung di bank konvensional tanpa riba. Namun untuk rekening pelajar ini dana maksimal yang disimpan tidak begitu besar. Jika kamu masih ragu mengenai bebas bunga dan biaya admin untuk rekening pelajar/anak ini, bisa coba kamu tanyakan langsung di kantor bank konvensional terdekat.

3. Sewa Brankas di Bank

Cara selanjutnya adalah dengan menyewa brangkas di bank. Saat ini banyak bank yang sudah menyediakan layanan sewa brankas. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk menghindari riba di bank konvensional. Layanan brankas ini juga tetap dikenai biaya sewa, biaya sewa biasanya dikenakan per tahun dengan jumlah besaran yang berbeda. Biasanya tergantung seberapa besar brankas yang disewa. Setiap bank biasanya juga tidak sama berapa besar biaya sewa yang ditentukan. Cara ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menghindari riba di bank konvensional.

Baca juga : Cara Menabung di Bank Swiss

4. Belikan Emas Lalu Disimpan di Bank

Cara menabung di bank konvensional tanpa riba selanjutnya adalah dengan membelikan emas terlebih dahulu baru kemudian disimpan di bank dalam wujud emas. Jadi jika kamu punya uang, kamu tidak menabung dalam bentuk uang namun kamu menabung dalam bentuk emas. Biasanya emas yang digunakan adalah emas batangan, kamu bisa membelinya di mana saja. Cara ini juga relatif bisa digunakan untuk menghindari riba saat menabung di bank konvensional.

Dari beberapa cara menabung di bank konvensional tanpa riba di atas, yang paling menurut para ahli adalah tetap menabung di bank syariah. Namun jika memang masih belum bisa pindah dari bank konvensional, cara di atas bisa dilakukan. Tapi meskipun menggunakan cara di atas, ada beberapa pendapat untuk jaminan bersih dari ribapun belum bisa tercapai. Wallahu A'lam.

Post a Comment for "Cara Menabung di Bank Konvensional Tanpa Riba"