Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar dan Syaratnya

Semakin hari semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi. Bahkan kini banyak juga para pelajar yang sudah mulai paham akan betap pentingnya investasi untuk masa depan. Cara investasi pun sekarang semakin mudah, semakin banyak jenis investasi yang bisa diakses oleh banyak orang. Salah satunya adalah menabung emas di pegadaian. Menabung emas termasuk salah satu investasi yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh pelajar.

Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar
Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar

Cara menabung emas di pegadaian untuk pelajar pun cukup mudah prosesnya. Program tabungan emas di pegadaian sendiri sejatinya sudah ada sejak tahun 2015, namun baru populer beberapa tahun belakangan. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika kamu berinvestasi atau menabung dengan emas. Salah satu yang utama tentu emas tidak tergerus oleh inflasi. Bahkan harga emas ini cenderung naik setiap tahunnya, maka tak heran kini mulai banyak yang menabung emas sebagai investasi.

Untuk program menabung emas di pegadaian untuk pelajar, biasanya diberlakukan setoran awal yang sangat kecil. Pada umumnya setoran awal dimulai dengan seharga 0,01 gram emas. Ini tentu disesuaikan dengan kantong pelajar, agar bisa terjangkau oleh pelajar dan meningkatkan minat menabung emas untuk pelajar. 

Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar

1. Mendaftar Untuk Menabung Emas

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar. Kamu bisa datang langsung ke outlet pegadaian atau juga bisa daftar secara online melalui aplikasi pegadaian yang bisa kamu unduh di play store. Jika ingin mendaftar secara online, maka lakukan dengan registrasi dengan nama lengkap dan nomor telepon. Tunggu SMS kode verifikasi, setelah dapat kode verifikasi gunakan kode tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran. 

Meskipun kamu sudah daftar menabung emas secara online, kamu tetap harus datang ke outlet pegadaian untuk mengambil buku tabungan. Batas waktu yang diberikan untuk penerbitan buku tabungan bagi yang daftar menabung emas di pegadaian secara online adalah 6 bulan. Jadi jika dalam batas waktu tersebut tidak segera menerbitkan buku tabungan, maka akan dinonaktifkan secara otomatis.

Baca juga : Cara Menabung di Bank Konvensional Tanpa Riba

2. Mengisi Formulir Pengajuan

Banyak yang menyarankan untuk mendaftar langsung ke kantor pegadaian terdekat. Karena akan lebih memudahkan untuk bertanya-tanya jika belum memahami sesuatu. Jika kamu langsung datang ke kantor pegadaian, maka langsung saja sampaikan tujuan kamu untuk daftar menabung emas di pegadaian. Nanti kamu akan diarahkan oleh CS nya dan biasanya akan dibimbing langsung untuk mengisi formulir. 

Ada beberapa sayarat dokumen yang harus kamu lengkapi untuk pendaftaran. Yang paling utama adalah dokumen identitas pribadi. Jika belum memiliki dokumen pribadi resmi, boleh juga menggunakan dokumen pribadi orang tua. Namun kamu pastikan dulu bahwa orang tua kamu juga memiliki rekening tabungan emas di pegadaian.

3. Membayar Setoran Awal

Proses cara menabung emas di pegadaian selanjutnya adalah dengan membayar setoran awal. Setoran awal untuk menabung emas di pegadaian untuk pelajar ini tidak besar yaitu 50.000 rupiah. Tentu ini sudah disesuaikan dengan kantong pelajar, agar tidak memberatkan pelajar juga. Nah, sedangkan untuk cara menabungnya sangat mudah sekali. Kamu bisa menabung melalui kantor atau outlet Pegadaian langsung, ATM, Aplikasi Pegadaian Digital atau kamu bisa menabung melalui Agen Pegadaian. 

Untuk transaksi top up, minimal adalah 0,01 gram dan maksimal adalah 100 gram per hari per CIF. Jika harga emas sekarang adalah 500.000 misalnya, maka kamu boleh menabung mulai 5000 rupiah, sangat memudahkan bukan. 

Baca juga : Cara Menabung di Bank Swiss

Kamu juga bisa mencetak saldo emas kamu menjadi emas fisik. Syaratnya tentu saja jika saldo tabungan sudah mencukupi. Saldo emas bisa dicetak menjadi bentuk emas batangan dari Antam, UBS, Galeri 24, UBS Disney, Lotus Archi dan Dinar. Untuk kepingan gramnya biasanya disediakan mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500, dan 1.000 gram dan untuk dinar adalah 1/4, 1/2, dan 1 Dinar.

Syarat Menabung Eemas di Pegadaian Untuk Pelajar

Di bawah ini adalah beberapa syarat utama menabung emas di Pegadaian untuk pelajar. Apa saja sayaratnya, simak di bawah ini :

- Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor). Jika belum memiliki identitas, bisa menggunakan identitas milik orang tua dan pastikan orang tua juga membuka rekening Tabungan Emas. 

- Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas 

- Biaya pembukaan rekening Tabungan Emas

Post a Comment for "Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar dan Syaratnya"