Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memanage Uang Saku Agar Hemat

Cara Mengelola Uang Saku - Uang saku adalah uang kebutuhan sehari-hari yang perlu dikelola dengan baik. Karena jika uang saku tidak dimanage dengan baik dan benar, maka ini bisa menjadi bencana finansial kamu. Cara mengelola uang saku ini sebenarnya ada banyak sekali dan bisa jadi masing-masing orang mempunyai cara sendiri. 

Cara Memanage Uang Saku
Cara Memanage Uang Saku

Cara memanage uang saku agar selalu hemat tidak memerlukan perhitungan yang rumit. Tinggal kamu mau konsisten atau tidak, kamu mempunyai komitmen atau tidak. Karena jika kamu tidak memiliki komitmen dan konsistensi, maka akan sulit untuk bisa memanage uang saku kamu sendiri. Tips mengelola uang saku bisa dilakukan baik untuk yang masih sekolah atau yang sudah bekerja. Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak ulasan di bawah ini.

Cara Mengelola Uang Saku

1. Sarapan di Rumah Sebelum Mulai Aktifitas

Usahakan sebelum melakukan aktifitas apapun sarapan terlebih dahulu. Baik sebelum sekolah, kuliah ataupun bekerja, kamu usahakan sarapan terlebih dahulu. Selain bisa sedikit lebih mengirit uang saku kamu, sarapan di rumah juga lebih terjamun kebersihannya. Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin bisa sarapan pagi di rumah. Tidak harus makanan berat atau makan nasi, kamu bisa sarapan apa saja seperti roti ataupun makanan tradisional sekedar bisa untuk mengganjal perut kamu. Jika kamu bisa konsisten melakukan hal ini, maka ini bagus sebagai salah satu cara memanage uang saku kamu agar lebih hemat. Cara ini juga bisa menjadi cara hidup hemat yang efektif.

2. Selalu Membawa Bekal ke Sekolah/ Kantor

Ini juga kebiasaan baik yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara mengelola uang saku kamu. Kalau mungkin kamu tidak sempat sarapan di rumah, kamu bisa membawa bekal ke sekolah, kampus ataupun tempat kerja kamu. Membawa bekal dari rumah ini akan sangat berpengaruh terhadap keuangan kamu keseluruhan loh, bukan saja uang saku kamu. Karena biasanya ketika perut lapar dalam keadaan bekerja, seringkali kita menjadi kalap dan ingin memakan segalanya. Namun ketika perut sudah cukup kenyang, maka keinginan untuk memakan sesuatu pun juga tidak begitu menggebu-gebu.

3. Kurangi Jajan di Luar

Selanjutnya adalah, kamu harus blajar dan berusaha untuk mengurangi jajan di luar. Karena pengeluaran untuk jajan ini sering kali tidak terkontrol dan sulit dideteksi. Padahal biasanya pengeluaran ini sangat besar, dan seringkali kita tidak merasa besar. Ini sangat berbahaya loh untuk kesehatan kantong kamu. Maka dari itu, tidak bisa tidak kamu harus mengurangi kebiasaan jajan atau makan di luar ini. Jika kamu sudah bisa menguranginya, maka uang saku kamu akan lebih hemat dan lebih terkontrol, percayalah.

4. Manfaatkan Fasilitas yang Gratis

Kamu harus bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas gratis yang ada. Misalnya fasilitas wifi di sekolah atau di tempat kerja, manfaatkan sebaik-baiknya. Jika biasanya kamu memanfaatkan wifi di cafe atau di tempat makan, ini akan menambah pengeluaran kamu. Karena kamu harus membeli setidaknya minuman agar bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis. Maka dari itu, mulai sekarang manfaatkan wifi di kantor atau di kampus kamu saja, manfaatkan sebaik-baiknya untuk keperluan kamu. Baik keperluan tugas sekolah maupun tugas kantor.

5. Ambil Kerja Paruh Waktu

Kamu juga perlu mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan paruh waktu. Manfaatkan waktu yang ada untuk menambah pemasukan kamu. Ada banyak sekali kerja paruh waktu yang bisa kamu kerjakan. Apalagi di zaman digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa kamu kerjakan. Contoh bisnis online yang bisa kamu kerjakan misalnya jualan onlin, jadi reseller atau bisa juga menjadi dropshipper. Atau bisa juga kamu mencoba untuk berinvestasi, investasi skala kecil misalnya dengan berinvestasi emas.

6. Selalu Sisihkan Uang Saku

Nah, ini yang paling utama yang menjadi salah satu cara mengelola uang saku agar hemat. Intinya adalah kamu harus bisa menyisihkan uang saku kamu sendiri. Caranya yang paling mudah adalah dengan selalu mengambil uang saku kamu di pagi hari. Ambil berapa ribu saja dan sisihkan, lakukan ini setiap hari. Jika kamu bisa melakukan ini setiap hari, maka dengan sendirinya kamu akan bisa mengelola uang saku dengan baik dan dan lebih efisien. Cara konsisten menabung ini perlu kamu lakukan setiap hari agar kamu bisa mengelola uang saku dengan maksimal.

Post a Comment for "Cara Memanage Uang Saku Agar Hemat"