Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memanage Uang Untuk Mahasiswa, Simpel dan Efektif!

Cara Mengelola Uang Mahasiswa - Bagi seorang mahasiswa, tentu mengatur keuangan sangat dibutuhkan. Karena kebutuhan mahasiswa tentu sangat banyak, mulai biaya kos, mengerjakan tugas, belum lagi praktikum, dll. Nah, maka dari itu kamu juga perlu mengetahui berbagai cara memanage uang untuk mahasiswa agar keuangan kamu tidak berantakan.

Cara Mengelola Uang Mahasiswa
Cara Mengelola Uang Mahasiswa

Ada banyak cara memanage uang untuk mahasiswa yang bisa dilakukan. Dan mungkin masing-masing orang tidak sama, tentu banyak orang memiliki versinya sendiri-sendiri. Meski ada banyak cara, namun kadang bagi yang sama sekali belum pernah mengetahui cara mengelola uang mahasiswa, ini menjadi masalah yang tidak sepele. Nah, bagi kamu yang termasuk belum berpengalaman dalam mengelola uang sendiri, di bawah ini ada beberapa tips mengelola uang untuk mahasiswa yang bisa kamu coba.

Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa

1. Kamu Harus Rajin Menabung

Yang pertama adalah rajin menabung. Kalimat ini sangat sakti loh, jangan hanya kalian jadikan sebagai slogan atau bahkan lelucon saja. Jika kamu konsisten dan berkomitmen dalam menabung, maka ini akan sangat membantu dalam memanage uang untuk mahasiswa. Karena biasanya mahasiswa itu sering lupa dengan kebiasaan baik ini. Ada banyak cara menabung yang bisa kamu lakukan. Ya tidak harus langsung menabung ke bank, kamu bisa menggunakan celengan untuk menyisihkan uang kamu untuk ditabung. Dan nanti jika sudah terkumpul dalam jumlah yang agak besar, kamu bisa memasukkannya ke bank. Kamu juga perlu menabung dengan konsisten agar bisa mengelola uang dengan maksimal.

2. Menyisakan Uang Jajan

Selanjutnya, untuk mendukung poin satu di atas, kamu juga perlu menyisakan uang jajan kamu. Menyisihkan uang jajan termasuk salah satu cara memanage uang mahasiswa yang paling bagus. Karena uang jajan ini sering kali habis tidak tersisa, dan bahkan bisa kurang karena sulitnya mengontrol pengeluaran untuk uang jajan. Maka dari itu, kamu harus bisa mengontrol dan bahkan mengurangi uang jajan kamu agar ada sisa. Sisa ini yang kemudian bisa kamu tabung sebagai salah satu cara mengelola uang kamu.

3. Menambah Sumber Pemasukan

Jika kamu rasa agak sulit menyisakan uang jajan karena uang jajan yang minim, kamu bisa mencoba mencari sumber pemasukan baru. Saat ini tentu ada banyak sekali peluang kerja part time. Kerja part time baik secara offline maupun online kini terbuka lebar sekali. Atau bisa juga kamu mencoba berbisnis onlin, bisa jualan online, menjadi dropshipper atau membuka jasa. Jasa yang bisa kamu kerjakan sebagai peluang bisnis online untuk mahasiswa misalnya seperti menjadi penulis artikel, jasa ketik, mengerjakan skripsi dan lainnya.

4. Mengurangi Kegiatan Tidak Perlu

Kamu harus bisa mengurangi kegiatan yang tidak perlu. Atau kamu bisa menghentikannya sama sekali. Karena kegiatan yang tidak perlu ini sering menjadi penyebab keuangan menjadi kacau. Kegiatan semacam nongkrong di cafe, warung kopi atau di mall cukup banyak menghabiskan uang selain tentunya juga menghabiskan waktu kamu. So, mulai saat ini kamu harus bisa membatasi diri untuk tidak menghabiskan uang dan waktu kamu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak perlu. Ingat, kamu seorang mahasiswa dan kebutuhan kamu masih banyak di masa yang akan datang.

5. Berinvestasi Sejak Dini

Salah satu cara memanage uang untuk mahasiswa adalah dengan berinvestasi sejak dini. Jadi sebisa mungkin kamu memulai berinvestasi untuk masa depan kamu. Untuk awal, kamu bisa memulainya dengan yang kecil terlebih dahulu. Seperti misalnya kamu berinvestasi di emas, kamu bisa membeli emas dan kamu simpan untuk beberapa tahun ke depan. Kamu bisa menabung emas di pegadaian misalnya. Selain di emas, kamu bisa juga mencoba investasi kecil kecilan untuk mahasiswa seperti reksadana, obligasi pemerintah atau bisa juga kamu mencoba berinvestasi saham.

6. Memilih Pergaulan yang Tepat

Pergaulan atau sirkel kamu sangat berpengaruh dalam proses mengelola keuangan mahasiswa. Karena memiliki teman yang tidak tepat akan sangat mengganggu keuangan kamu. Maka dari itu, kamu harus bisa memilih teman yang tepat agar kamu tidak kesulitan dalam memanage uang kamu sendiri. Teman yang sering mengajak ke luar baik nongkrong atau sekedar berkeliling tidak perlu harus kamu jauhi. Karena ini bisa cukup "membahayakan" keseimbangan uang kamu. Jangan sungkan atau ragu untuk memilih teman bergaul kamu, karena ini sangat berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan kamu.

Post a Comment for "Cara Memanage Uang Untuk Mahasiswa, Simpel dan Efektif!"