Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga yang Efektif

Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga yang Efektif - Saat ini menabung bukan saja kerap dilakukan oleh anak sekolah saja. Namun menabung juga sangat diperlukan oleh ibu rumah tangga. Bahkan untuk ibu rumah tangga sangat penting sebagai salah satu cara hidup hemat untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Bagi ibu rumah tangga memang sangat banyak sekali manfaatnya jika dilakukan secara konsisten dan terstruktur.

Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga
Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu lakukan. Mungkin cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga ini bisa berbeda antara satu orang dengan orang lain. Karena sangat mungkin bagi sebagian orang mempunyai cara menabung di rumah tangga sendiri-sendiri yang tidak sama. Nah, bagi kamu yang ingin menabung di rumah secara efektif bisa disimak tipsnya di bawah ini.

Tips Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Masak dan Membuat Makanan Sendiri

Semakin ke sini kebiasaan memasak dan membuat makanan sendiri di rumah ini ternyata semakin terkikis. Padahal kebiasaan ini adalah salah satu cara hidup hemat dalam berumah tangga. Jika kamu sebagai ibu rumah tangga, maka biasakan selalu memasak sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri di rumah akan membuat keuanganmu menjadi lebih irit dan bisa menjadi cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga yang efektif. So, biasakan mulai sekarang untuk memasak dan membuat makanan sendiri di rumah agar ada sedikit uang sisa untuk bisa ditabung. Ini juga bisa menjadi cara hidup hemat yang efektif.

2. Menghindari Banyak Arisan

Arisan ini bisa menjadi racun yang justru bisa menjadi ancaman keuangan kamu. Mengikuti arisan satu dua saja tidak menjadi soal, namun jika sudah terlalu banyak akan menjadi masalah besar untuk kamu. Setoran arisan yang terlalu besar akan bisa menjadi soal untuk keauangan kamu karena tentu akan mengurangi jatah bulanan kamu. Dan ini akan mempengaruhi cashflow rumah tangga kamu. Yang perlu kamu pahami bahwa arisan ini bukanlah kebutuhan, kamu tidak perlu terlalu banyak ikut arisan untuk mengumpulkan uang. Ikut saja satu atau dua arisan sekedar untuk bisa ikut berkumpul dengan teman-taman sebagai ajang silaturahim.

3. Menyimpan Uang Receh

Uang receh seringkali luput dari perhatian kita. Padahal uang receh ini jika kamu rajin dan tlaten mengumpulkannya akan menjadi besar dan bisa menjadi salah satu cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga. Jadi jangan pernah kamu meremehkan uang receh, karena kita biasanya sangat sering mendapatkan kembalian uang receh baik dari belanja, uang parkir dan lainnya. Untuk bisa menyimpan uang receh dengan rajin sebaiknya kamu bisa siapkan wadah khusus untuk tempat khusus uang receh ini. Jadi sewaktu-waktu kamu mendapat uang receh kamu bisa langsung menyimpannya di tempat tersebut. Uang jajan juga bisa kamu simpan sedikit unyuk kamu tabung, misalnya menabung uang jajan 2000.

4. Membuat Daftar Belanja Bulanan

Untuk bisa menabung di rumah, kamu perlu juga membuat daftar belanja bulanan. Ada beberapa kebutuhan utama yang bisa kamu masukkan dalam daftar tersebut, seperti sabun, beras, atau kebutuhan pokok lainnya. Dengan membuat daftar seperti ini, kamu bisa melihat prioritas utama kebutuhan kamu dalam satu bulan ke depan. Jangan sampai membeli yang lain sebelum mencukupi kebutuhan kamu dalam satu bulan ke depan. Dengan begini, cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga bisa direalisasikan dengan baik.

5. Belanja Harian dengan Uang Pas

Ini juga perlu kamu lakukan, berbelanja harian dengan uang pas akan membuat kamu jauh lebih irit terhadap pengeluaran. Usahakan sebisa mungkin membawa uang pas untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Karena kadang ketika kita membawa uang lebih saat belanja, maka bukan kebutuhan saja yang kita beli, seringkali keinginan terhadap sesuatu yang tidak perlu juga kita beli. Dan ini sering tidak terkontrol dan akan menghabiskan uang kamu tanpa kamu sadari.

6. Membuat Perencanaan Menabung

Kamu perlu juga membuat rencana menabung yang jelas. Bisa kamu tulis di kertas, tujuan kamu menabung untuk apa, untuk membeli rumah, membeli mobil atau untuk kebutuhan lainnya. Target yang spesifik dari rencana menabung kamu ini akan membantu kamu lebih disiplin dalam menabung. Kamu akan lebih konsisten dan lebih fokus ketika memiliki program rencana yang jelas. Seperti misalnya kamu memiliki target menabung 10 juta dalam setahun. Bisa juga kamu tulis kemudian kamu tempelkan di tempat yang mudah terlihat, ini bisa lebih tegas lagi. Setiap kali kamu membaca tulisan tersebut tentunya akan membuat kamu teringat akan target kamu dalam menabung. 

7. Manfaatkan Promo dan Diskon

Jangan malu memanfaatkan diskon atau promo. Kamu bisa memanfaatkan promo di minimarket, karena saat ini ada banyak sekali program promo yang sering diadakan oleh minimarket. Biasanya program promo ini diadakan tiap minggu sekali. Kamu bisa memanfaatkannya, karena ini akan sangat membantu mengurangi pengeluaran belanja kamu. Tinggal kamu perhatikan saja kapan ada diskon dan promo yang ada, dan kamu belanja pada hari tersebut.

Post a Comment for "Cara Menabung di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga yang Efektif"