Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Investasi Modal Kecil yang Cocok Untuk Pemula

Contoh Investasi Modal Kecil yang Cocok Untuk Pemula - Untuk saat ini jika kamu tidak pandai mengatur keuangan pribadi, maka ancaman bangkrut akan semakin nyata. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan kamu. Salah satu cara tentunya adalah berinvestasi. Jika kamu belum mempunyai modal besar, maka kamu bisa investasi modal kecil terlebih dahulu.

Contoh Investasi Modal Kecil
Contoh Investasi Modal Kecil

Karena saat ini sudah ada banyak sekali instrumen investasi yang beragam dan tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Ada banyak contoh investasi modal kecil yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Lalu apa saja jenis investasi modal kecil yang cocok dikerjakan oleh pemula, simak selengkapnya di bawah ini.

Contoh Investasi Modal Kecil

1. Menanam Buah dan Sayur

Mungkin terdengar aneh, namun ini sangat mungkin untuk coba kamu lakukan. Jangan remehkan menanam, ada banyak sekali tanaman yang bisa kamu tanam untuk investasi masa depan. Tak punya tanah untuk menanam? jangan khawatir, ada banyak tempat menanam yang bisa kamu gunakan seperti pot ataupun plenter bag. 

Untuk kebutuhan investasi, kamu bisa mencoba menanam buah-buahan atau sayuran. Tanam buah atau sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat. Misalanya menanam buah blimbing, jika bisa berbuah, buah jenis ini tidak mengenal musim, artinya bisa selalu berbuah. Nah, buahnya bisa kamu jual. Ini bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat murah dan mudah dikerjakan. 

2. Upgrade Skill

Ini bisa menjadi investasi yang tak lekang oleh waktu. Kamu harus mengupgrade skill kamu, skill apa saja. Kamu bisa berangkat dari hobi kamu, hobi menulis misalnya, kamu bisa mengupgrade kemampuan menulis kamu setiap waktu. Kamu hobi olahraga, kamu bisa selalu berlatih untuk meningkatkan kemampuan kamu. 

Percayalah, dengan memiliki skill yang baik kamu tidak akan bingung menghadapi dunia yang selalu berubah-ubah ini. Ketika kamu memiliki skill, apalagi skill yang kamu miliki termasuk skill yang jarang dipunyai orang lain, maka ini bisa menjadi senjata kamu untuk menantang masa depan.

Ok, dua poin di atas adalah beberapa contoh investasi modal kecil yang sedikit out of the box yang bisa kamu kerjakan. Untuk contoh investasi modal kecil yang berhubungan langsung dengan kebutuhan finansial kamu, bisa kamu baca di bawah ini.

3. Reksa Dana

Reksa dana menjadi salah satu instrumen investasi dengan nominal kecil yang bisa kamu kerjakan. Reksa Dana bahkan bisa dibeli dengan harga 10 ribu atau 100 ribu saja, biasanya tergantung dengan produknya. Selain itu, reksa dana juga bisa dibeli sampai batas terkecil harganya. Misalnya adalah 11.500 untuk reksa dana yang minimal pembeliannya adalah 10 ribu. Investasi reksa dana ini besar capital gain atau imbal hasilnya adalah di atas suku bunga deposito dan bi bawah bunga obligasi.

4. Emas

Emas selain untuk perhiasan ternyata juga bisa menjadi salah satu instrumen investasi. Untuk berinvestasi emas saat ini tidak harus dengan membeli perhiasan emas atau emas batangan secara fisik. Namun kini lebih mudah yaitu dengan cara membuka rekening tabungan emas di bank maupun di pegadaian.

Untuk investasi tabungan emas ini kamu bisa memulainya bahkan dengan 5000 saja, atau bisa juga 100.000. Namun jika Anda masih ingin berinvestasi emas secara fisik, Anda bisa membeli emas Antam yang sudah ada di beberapa toko emas. Selain di toko emas, Anda bisa membeli emas di pegadaian.

5. Membeli Saham

Saham bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencoba investasi dengan modal yang tidak terlalu besar. Memang ada beberapa harga saham yang mahal, namun tidak sedikit harga saham yang satu lot nya sangat murah. Satu lembar saham ada yang bahkan 1.000 rupiah. Jadi untuk satu lot yang jumlahnya 100 lembar tidak sampai butuh uang 100 ribu.

Namun untuk membeli saham, kamu perlu memilih juga. Karena kualitas saham ini juga tidak sama, ada yang bagus ada yang tidak juga. Kamu harus pandai menganalisa kondisi fundamental dan teknikal saham itu sendiri. Secara keuntungan, saham ini termasuk jenis investasi jangka panjang. 

6. Obligasi

Investasi modal kecil lainnya dengan keuntungan besar adalah obligasi. Obligasi bahkan termasuk salah satu instrumen yang dianggap bisa mendatangkan untung yang besar. Karena investor mendapat suku bunga dan mendapat capital gain. Untuk membeli obligasi ini jika langsung di pasar perdana, obligasi pemerintah bisa dibeli dengan harga Rp 1.000.000.

Namun kamu membelinya di pasar skunder, kamu bisa membeli dengan harga 100 ribu. Untuk membeli obligasi saat ini cukup mudah karena ada beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan bahkan untuk membeli dan menjual obligasi di pasar skunder.

7. Investasi Properti

Kadang jika bicara bisnis properti pikiran kita cenderung beranggapan perlu modal besar untuk memulainya. Padahal ada beberapa jenis bisnis properti yang tidak memerlukan dana begitu besar. Nah, properti ini termasuk salah satu jenis investasi modal kecil yang bisa kamu jalankan. Ada banyak cara yang bisa kamu jalankan untuk memulai investasi properti. 

Contoh bisnis properti modal kecil yang bisa kamu kerjakan ada banyak sekali sebenarnya. Dan saat ini kebutuhan properti sangat besar sekali, maka dari itu peluang bisnis properti bisa sangat menjanjikan dan menjadi investasi jangka panjang masa depan. Untuk contoh bisnis propweti modal kecil yang bisa kamu jadikan sebagai investasi bisa kamu baca pada Contoh Bisnis Properti Modal Kecil.

8. Menjadi Kolektor

Investasi sebenarnya tidak hanya berkutat pada emas, saham, reksadana atau lainnya. Berinvestasi berangkat dari hobi bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin berinvestasi. Hobi apapun bisa kamu jadikan sebagai investasi. Misalnya menjadi kolektor barang langka, menjadi pehobi hewan, tanaman, bonsai dan lainnya. Menjadi kolektor ini jika kamu tekuni maka akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Bahkan kolektor mainan juga sangat potensial untuk menjadi bisnis yang manjanjikan sebagai salah satu investasi masa depan. Contohnya kolektor mainan lego, dulu mainan lego ini hanya menjadi mainan belaka. Namun kini mainan lego menjadi salah satu barang langka yang harganya sangat tinggi berkali lipat dari harga dulu-dulunya. Jadi jika kamu suka koleksi, maka jalani dengan sepenuh hati.

Post a Comment for "Contoh Investasi Modal Kecil yang Cocok Untuk Pemula"