Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Bisnis Thrifting dan Cara Memulainya Dengan Mudah

Cara Memulai Bisnis Thrift Shop - Bisnis thrifting memang terdengar cukup asing di telinga kita. Wajar, memang karena bisnis thrifting ini tidak atau belum banyak yang menjalankannya. Padahal peluang bisnis thrifting ini cukup besar dan menjanjikan. Bisnis thrifting atau disebut juga bisnis thrift shop ini sebenarnya menjadi salah satu bisnis yang potensinya cukup besar.

Cara Memulai Bisnis Thrift Shop
Cara Memulai Bisnis Thrift Shop

Peluang usaha bisnis thrifting biasa dijalankan siapa saja, apalagi untuk anak muda, tentu akan sangat bagus potensinya. Lalu apa yang dimaksud bisnis thrifting atau thrift shop ini sebenarnya? Bagaimana cara memulai bisnis thrift shop ini, bagaimana peluang bisnisnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Bisnis Thrifting atau Thrift Shop

Thrift adalah sebuah istilah yang mengacu pada barang-barang bekas atau secondhand. Pengertian bisnis thrifting atau bisnis thrift shop adalah model usaha atau jualan yang menjual barang bekas namun masih bagus dan bahkan berkualitas terbaik.

Pada umumnya, barang yang didapatkan untuk dijual kembali adalah barang-barang branded yang berasal dari luar negeri. Ataupun jika dari dalam negeri biasanya barang bekas yang berkualitas tinggi, misal bekas artis atau bekas pejabat dan lain sebagainya. Barang yang dijual pun sangat beragam, bisa pakaian, sepatu, tas, jam tangan atau barang lainnya.

Barang yang Potensial Dijual di Bisnis Thrift Shop

Di dunia bisnis barang bekas, istilah thrifting lebih sering memperjualbelikan ragam fashion. Jadi barang-barang semacam celana, pakaian, jam dan jenis fashion lainnya. Namun sebenarnya bisnis thrifting itu bisa menjual apa saja yang merupakan barang second termasuk di dalamnya perabotan rumah tangga dan lainnya.

Jika kamu ingin memulai bisnis thrifting ini, ada beberapa barang yang memiliki potensi lebih dari pada barang lainnya. Di bawah ini beberapa jenis barang thrifting shop yang bisa kamu jadikan sebagai permulaan usaha thrifting kamu.

1. Baju/ Pakaian

Pakaian masih menjadi pilihan utama dalam bisnis thrifting. Bisnis thrifting shop ini memang kebanyakan masih didominasi produk pakaian. Yang termasuk ke dalam jenis pakaian ini banyak sekali. Mulai dari celana, rompi, kemeja, celana jeans dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kamu memiliki pakaian bekas yang bermerk atau branded, maka ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Tentu kamu bisa menjual dengan harga yang tinggi karena pakaian branded sampai saat ini masih sangat banyak sekali yang mencarinya. Peluang bisnis pakaian bekas ini memang sangat menggiurkan. Nah, pakaian bekas saat ini yang tengah digandrungi adalah pakaian bekas dari Bangkok. Selain murah, modelnya juga sangat variatif dan menarik. Tak heran jika bisnis baju Bangkok untuk saat ini juga berkembang sangat cepat.

2. Jam Tangan Branded

Selain pakaian, peluang bisnis thrifting yang potensial adalah jam tangan. Jam tangan bermerk tentu tidak semua orang mampu membelinya. Namun keinginan untuk tetap modis dari banyak orang bisa menjadi celah peluang bisnis barang bekas yang menjanjikan. Ada banyak merk jam tangan yang sangat banyak digemari pecinta jam tangan. Merk internasional seperti Patek Philippe, Rolex, Hublot memiliki penggemar setia yang sangat fanatik.

Selain merk luar negeri, kamu juga bisa menjual berbagai merk jam tangan nasional yang tak kalah menariknya. Sebut saja brand local seperti Eiger, Woodka dan beberapa brand lainnya, ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

3. Tas Branded

Tas juga menjadi primadona dalam bisnis thrifting. Nilai jual tas branded sebagai produk thrifting tentu tergantung dari banyak hal. Mulai dari brand nya sendiri, story tas tersebut atau hal lainnya. Tas branded bekas orang terkenal biasanya akan memiliki nilai lebih tinggi dari pada tas branded orang tidak terkenal.

Namun kamu juga harus pintar memilih pasar kamu. Jika pasar kamu adalah orang menengah ke bawah, tentu harga yang kamu patok harus bisa menyesuaikan. Namun jika pasar kamu adalah kalangan menengah ke atas, kamu bisa membandrol harga tas branded kamu lebih mahal.

4. Sepatu Branded

Selain tas branded, produk thrifting shop yang memiliki potensi bagus adalah sepatu branded. Hampir sama dengan tas, sepatu branded juga memiliki penggemar setia. Meski sedikit jarang ditemukan, namun ini justru bisa menjadi peluang bisnis dengan pesaing yang sedikit yang bisa kamu kerjakan.

Peluang bisnis jualan sepatu ini sebenarnya memiliki pangsa pasar yang luas, semua kalangan bisa masuk. Mulai orang biasa, anak sekolah anak kuliah, pecinta olahraga dan sebagainya. Jadi satu tips usaha bisnis jualan sepatu adalah dengan aktif di berbagai komunitas olahraga. Seperti sering ikut nimbrung di sirkel pecinta bola, bola basket atau futsal. Nah, di sini kamu bisa menjalankan bisnis kamu.

5. Perhiasan

Perhiasan juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu produk jualan untuk bisnis thrifting shop. Namun untuk perhiasan biasanya memerlukan lebih banyak modal untuk memulainya. Variasi produk perhiasan ini sangat banyak sekali, dan ini sangat cocok untuk para wanita. Wanita tentu lebih paham mengenai berbagai jenis variasi perhiasan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Jika kamu adalah wanita dan memiliki sirkel yang potensial untuk diprospek, maka sangat rekomended untuk menjalankan bisnis thrifting shop dengan produk perhiasan. Biasanya para diaspora sering menjalankan bisnis ini.

6. Perabot Rumah Tangga

Produk lainnya yang bisa kamu jual jika kamu memiliki bisnis thrifting shop adalah produk rumah tangga. Ini masih agak jarang sebenarnya, namun bisa menjadi sangat menjanjikan jika kamu kerjakan dengan serius. Ada banyak orang yang sering menjual perabot rumah tangganya, entah karena kepepet atau karena bosan. Nah, ini bisa menjadi peluang untuk kamu.

Biasanya orang yang menjual perabot rumah tangga harganya cenderung lebih miring. Jika kamu pandai menawar, maka kamu akan mendapat harga yang bagus dan tentunya potensi keuntungan juga lebih besar.

Cara Memulai Bisnis Thrift Shop

Jika kamu sudah mantab untuk menjalankan bisnis thrifting, maka ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu. Sebagai seorang pemula, tentu masih bingung cara memulai bisnis thriftshop itu bagaimana? Di bawah ini adalah beberapa tips memulai bisnis thrifting untuk pemula yang bisa kamu lakukan.

1. Satu Jenis Barang Dulu

Jauh akan lebih baik jika kamu memulai bisnis thrift shop dengan menjual satu jenis barang terlebih dahulu. Tentukan dari awal, misal ingin menjual pakaian, sepatu atau tas atau lainnya. Karena satu jenis produk saja macamnya ada banyak sekali, sekaligus kamu bisa gunakan sebagai riset market. Lebih baik satu jenis produk yang lengkap dari pada banyak produk namun hanya sedikit pilihan.

2. Tentukan Asal Produk

Kamu bisa menentukan asal produk yang kamu jual. Kamu bisa menentukan baju import misalnya bisa bisnis baju bekas import Bangkok atau dari Eropa. Karena jenis asal baju ini juga sangat beragam. Ketika kamu sudah menentukan asal produk kamu, ini juga bisa kamu jadikan sebagai branding usaha kamu.

3. Rajin Melakukan Promosi

Saat ini melakukan promosi dan publikasi sangat mudah sekali. Kamu bisa memulainya dengan memposting produk kamu melalui media social. Karena dengan media social akan sangat mudah diketahui banyak orang apa yang kamu jual. Media social seperti TikTok, Facebook, Instagram adalah beberapa contoh media social yang sangat potensial digunakan untuk berjualan.

Post a Comment for "Peluang Bisnis Thrifting dan Cara Memulainya Dengan Mudah"